Saturday, September 28, 2024
HomeLifestylePenyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Hp Boros

Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Hp Boros

Baterai ponsel yang tahan lama tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun penggunaan yang tidak tepat seringkali mengakibatkan baterai ponsel atau smartphone cepat habis.  Dengan semakin canggihnya smartphone, seringkali baterai ponsel menjadi lebih cepat habis atau boros. Hal ini bisa disebabkan oleh aplikasi dengan kapasitas yang cukup besar, penggunaan ponsel yang tidak tepat, usia ponsel yang sudah tua, atau pengaruh sistem.

Meski begitu, Anda perlu khawatir karena ada berbagai cara agar baterai ponsel tahan lama. Cara-cara ini berlaku untuk baterai HP Xiaomi, Oppo, Samsung dan iPhone agar tidak cepat habis. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

Tips agar baterai hp kamu tidak cepat habis

Saat ini banyak sekali ponsel atau smartphone yang menawarkan kapasitas besar, namun hal ini bisa membuat Anda menyimpan lebih banyak aplikasi sehingga semakin banyak pula aplikasi yang berjalan di background ponsel Anda. Hal ini tanpa disadari dapat menguras daya baterai dengan lebih mudah. Agar tahan lebih lama, simak tips berikut ini:

  1. Gunakan Mode Daya Rendah atau Mode Penghemat Baterai

Manfaatkan fitur low power mode atau mode penghemat baterai agar baterai ponsel kamu tidak cepat habis dan tahan lebih lama. Fitur ini bertugas untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di background ponsel yang memakan daya cukup besar. Biasanya fitur ini perlu diaktifkan secara manual sehingga Anda perlu mengaturnya sendiri melalui menu pengaturan ponsel.

  1. Jangan gunakan ponsel saat sedang diisi dayanya

Menggunakan ponsel sambil mengisi daya bisa meningkatkan suhu baterai sehingga meningkatkan tekanan dan membuatnya lebih cepat kehilangan efektivitasnya lho.

Oleh karena itu, Toppers harus menahan diri untuk tidak memainkan ponselnya saat sedang di-charge. Selain itu, suhu ponsel juga bisa meningkat jika Anda meletakkan ponsel di dekat bahan isolasi, seperti di bawah bantal, atau meletakkan ponsel yang sedang diisi dayanya di atas mesin atau perangkat elektronik lainnya.

  1. Mengatur tingkat kecerahan layar ponsel

Cara agar baterai hp kamu tidak cepat habis selanjutnya adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar hp kamu. Semakin rendah tingkat kecerahannya, maka semakin sedikit daya yang digunakan baterai ponsel. Selain tingkat kecerahan, Anda juga bisa mengatur waktu tampilan layar tidak terlalu lama, misalnya 1 menit untuk mematikan layar secara otomatis.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Jika ponsel kamu sedang tidak digunakan, mengaktifkan mode pesawat bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat baterai ponsel kamu lebih awet. Saat menggunakan jaringan WiFi, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat, terutama saat tidak membutuhkan fasilitas yang memerlukan kartu SIM, seperti SMS atau telepon.

  1. Pertahankan Siklus Pengisian Daya

Salah satu cara agar ponsel tidak cepat habis baterainya adalah dengan menjaga siklus pengisian daya secara teratur. Artinya, Anda bisa mengisi daya ponsel setiap kali baterai menunjukkan angka 20% dan mencabut kabel charger saat baterai sudah mencapai 80%.

  1. Matikan Download Otomatis atau Update Otomatis

Fitur auto download memang dapat mengupgrade aplikasi secara otomatis ketika ada update, namun hal ini dapat lebih menguras daya baterai. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menonaktifkan fitur auto download atau auto update agar baterai ponsel Anda tahan lebih lama. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan pengaturan auto update hanya melalui WiFi. 

  1. Hindari ponsel terlalu panas

Cara lain agar baterai ponsel bisa bertahan lebih lama adalah dengan menghindari ponsel menjadi terlalu panas atau overheat. Biasanya hp akan kepanasan jika digunakan terus menerus, apalagi jika digunakan bermain game dengan grafis HD yang cukup tinggi. Untuk menghindari panas berlebih, Anda dapat membatasi penggunaan ponsel dengan bijak dan berhenti bermain-main dengan ponsel saat suhu mulai naik.

  1. Gunakan aplikasi GPS dan navigasi dengan bijak

Ternyata penggunaan aplikasi GPS dan navigasi secara terus-menerus bisa menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Pasalnya, aplikasi harus terus mendeteksi lokasi Anda agar daya baterai lebih banyak terpakai. Untuk itu cara agar baterai ponsel lebih awet adalah dengan menggunakan aplikasi GPS atau fitur lokasi dengan lebih bijak dan tidak menggunakan fitur lokasi sama sekali saat ponsel tidak digunakan.

  1. Gunakan Wallpaper Statis

Selanjutnya salah satu cara agar baterai hp awet adalah dengan menggunakan wallpaper statis. Saat ini sudah banyak smartphone yang bisa menggunakan wallpaper berupa foto atau video langsung. Namun ternyata hal ini berpengaruh pada penggunaan baterai.

  1. Matikan notifikasi yang kurang penting

Mematikan notifikasi yang kurang penting juga menjadi salah satu cara agar baterai ponsel lebih awet. Dengan mematikan aplikasi i, kemungkinan besar Anda akan lebih jarang melihat ponsel cerdas Anda Anda dapat mematikan notifikasi yang kurang penting dan hanya mengaktifkan notifikasi yang dianggap penting saja. Dengan begitu, penggunaan baterai bisa dikurangi sehingga tidak cepat boros.

Itulah ulasan tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi Baterai Hp Boros seperti yang dilansir sam parker senate, semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular