Saturday, September 7, 2024
HomeLatestDampak Positif Dan Negatif Pada Anak Saat Bermain Game Online Di Rumah

Dampak Positif Dan Negatif Pada Anak Saat Bermain Game Online Di Rumah

Saat memberikan fasilitas dan kebebasan mengaksesnya untuk si kecil, apakah Anda memahami dampak dari game online? Biasanya berbagai game online tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak hingga remaja pun bisa memahami pengertian dari bermain game online.

Permainan anak yang kini menjadi favorit bagi semua orang bisa berdampak positif dan negatif pada kehidupannya. Sisi positif dan negatif dari kebiasaan bermain game online berteknologi tinggi harus menjadi perhatian Anda mulai sekarang.

Sebagai salah satu bentuk permainan yang dikembangkan untuk memberikan hiburan, dampak dari game online memang tidak main-main dan harus Anda tangani sedini mungkin. Lalu, apa saja dampak positif dan negatif dari permainan Game Online? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Dampak Positif Dan Negatif Bermain Game Online

Berpikir Secara Efektif

Berpikir efektif dan meningkatkan berpikir kritis merupakan salah satu dampak positif dari game online lho. Misi dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda akan membuat otak si kecil bekerja efektif untuk berusaha mengatasi rintangan dan menjadi pemenang. Selain itu, misi ini juga meningkatkan kinerja otak.

Berpikir Cepat

Game online biasanya memberikan batasan waktu bagi pemainnya untuk menyelesaikan rintangan. Dampak dari game online ini dapat membantu membangun karakter anak yang mampu berpikir cepat dan tepat dalam menyelesaikan masalah.

Meningkatkan Aktivitas Otak

Salah satu dampak positif game online yang bisa dirasakan si kecil adalah meningkatkan dan mengasah aktivitas otaknya. Jika anda ingin mendapatkan skor yang tinggi, maka Anda harus konsentrasi saat bermain game online ini. Selain itu, dalam menyelesaikan misi diperlukan strategi yang tepat sehingga memaksa otak si kecil untuk mencari inovasi agar bisa menang melawan musuh.

Kepribadian Yang Teliti Dan Penuh Konsentrasi

Dampak game online berikutnya adalah dapat melatih anak untuk berkonsentrasi pada suatu hal. Detail bagian-bagian sebuah game online yang sangat kompleks juga membuatnya terbiasa memahami berbagai hal dengan cermat.

Melatih Sportivitas Terhadap Lawan

Dampak game online juga bisa melatih rasa sportivitas si Kecil lho. Biasanya anak-anak yang biasa bermain game akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bisa membuat si kecil lebih siap menerima kekalahan tanpa merasa kecil hati atau menang dengan rendah hati. Cara seperti inilah yang bisa membuat Anda bermain dengan jujur dan melatih sportivitas. 

Membiasakan Diri Dengan Lebih Dari Satu Aktivitas

Untuk mencapai kesuksesan dalam bermain game online diperlukan keterampilan yang baik. Oleh karena itu, si kecil perlu konsentrasi tinggi untuk mampu melakukan hal tersebut. Kebiasaan ini bisa memberikan dampak positif pada setiap anak yang sering memainkannya.

Melatih Kepemimpinan

Salah satu dampak positif dari game online adalah melatih kemampuan kepemimpinan anak. Saat bermain permainan kelompok, anak akan mendapat giliran menjadi pemimpin timnya. Nah, disitulah kemampuan kepemimpinan anak akan terasah saat bermain. Dalam game online, anak-anak akan berinteraksi dengan orang lain yang berbeda usia dan negara. Hal ini dirasa lebih baik, karena mereka akan memahami karakter orang lain.

Meningkatkan Daya Ingat Anak

Game online dapat membantu meningkatkan daya ingat anak meski sudah tidak lagi bermain game. Setiap video game yang muncul di aplikasi akan membuat pikiran menjadi berpikir lebih keras. Kemampuan daya ingat anak ini akan terus terasah bahkan setelah ia beranjak dewasa. Penelitian ini bahkan menunjukkan bahwa kinerja memori gamer saat dewasa lebih baik dibandingkan non-gamer.

Pengembangan Rasa Percaya Diri

Banyak game online yang memberikan feedback dan penguatan positif yang berhubungan langsung dengan prestasi anak. Hal ini memberikan penguatan positif yang memperkuat persepsi mereka terhadap kemampuan dan kompetensi mereka sendiri. 

Nah maka dari itu game online tentunya sangat menyenangkan untuk dimainkan karena memiliki banyak tantangan di dalamnya. Namun, juga memberikan wadah yang dapat membantu anak mengembangkan rasa percaya diri secara bertahap.

Menambah Wawasan

Banyak game online yang menawarkan setting berbeda, baik dalam bentuk dunia fantasi maupun dunia nyata. Anak-anak dapat mengenal beragam budaya, tradisi, dan latar belakang melalui pengalaman dalam game. Beberapa permainan juga mempunyai latar belakang sejarah yang kuat atau menggambarkan peristiwa sejarah tertentu. 

Hal ini dapat membantu anak memahami kronologi sejarah, tokoh penting, dan dampak peristiwa sejarah terhadap masyarakat. Misalnya, permainan strategi sejarah sering kali memungkinkan pemainnya memimpin peradaban atau mengalami peristiwa penting dalam sejarah dunia. Jika anak Anda sering bermain game, maka hal tersebut dapat membantu mereka memperluas wawasannya.

Perilaku Agresif

Game online yang menampilkan kekerasan dapat memberikan dampak buruk bagi anak. Adegan kekerasan dalam game online dapat memicu anak berperilaku agresif di kehidupan nyata. Kekerasan yang bisa Anda lihat melalui game online dianggap biasa saja saat di dunia nyata. Selain itu, anak juga bisa merasa puas ketika melakukan hal yang sama terhadap permainan yang dimainkannya.

Antisosial

Anak-anak yang menghabiskan waktunya bermain game online tidak mempunyai banyak kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman-teman seusianya. Selain itu, anak-anak yang kebanyakan bermain game online biasanya akan lebih memilih bermain komputer di rumah dibandingkan bermain di luar bersama teman-temannya. Alhasil, dampak dari game online ini akan membuat si kecil lebih memilih menyendiri dan menjadi individu yang antisosial.

Berbicara Kasar

Si kecil bisa saja mendapat kata-kata kasar dari pemain game online lain yang tersebar di dunia maya. Dampak negatif game online, kata-kata tersebut akan mudah masuk ke otak si kecil. Nantinya, mereka akan menirukan kata-kata tersebut kepada orang-orang disekitarnya.

Depresi Dan Selalu Cemas

Dampak dari game online akan sangat mengganggu kehidupan anak di dunia nyata. Anak-anak yang bermain game online dan berkomunikasi dengan pemain lain di ruang obrolan mungkin berisiko menjadi korban penindasan maya. Pasalnya, saat ini sebagian besar gamer bisa mengirimkan pesan agresif dan ofensif kepada orang lain hanya untuk bersenang-senang, tanpa mempedulikan orang lain.

Akibatnya, mereka yang menjadi korban berisiko mengalami depresi dan membuat mereka merasa rendah diri. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecanduan bermain game online membawa risiko berbagai gangguan kesehatan. Sementara beberapa penelitian menjelaskan bahwa kecanduan game online dapat menimbulkan serangkaian masalah fisik dan mental. Anak-anak mungkin mengalami insomnia, depresi, kecemasan, atau bahkan kematian.

Demikian ulasan tentang Dampak Positif Dan Negatif Pada Anak Saat Bermain Game Online Di Rumah seperti yang dilansir situs area188. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular