Thursday, July 4, 2024
HomeBusinessStrategi untuk Merencanakan dan Mempersiapkan Biaya Pendidikan

Strategi untuk Merencanakan dan Mempersiapkan Biaya Pendidikan

Mendorong anak untuk bermimpi tinggi sangat penting. Namun, tujuan ini juga akan mengharuskan Anda untuk menyediakan biaya pendidikan hingga tingkat tertinggi yang dapat mereka capai. 

Tips Merencanakan Biaya Pendidikan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika merencanakan Biaya Pendidikan:

Menentukan Jenjang Pendidikan

Jika anak Anda pada saat ini telah menginjak di sekolah menengah, maka segera rencanakan tingkat pendidikan perguruan tinggi. Apakah Anda ingin mendapatkan gelar sarjana, atau akan melanjutkan master ke gelar doktor? Pilihan yang satu ini tentunya akan sangat mempengaruhi biaya pendidikan. 

Diskusikan dengan anak Anda untuk membuat keputusan terbaik. Keputusan ini juga dibuat dengan realistis dalam hal kemampuan finansial Anda, serta minat dan kemampuan anak Anda. Beri mereka wawasan tentang betapa pentingnya pendidikan. Namun, biarkan keputusan ada di tangan mereka.

Merencanakan Sekolah Tujuan

Jenis sekolah (negeri atau swasta), lokasi, fasilitas, akreditasi, kualifikasi guru dan popularitas sebuah sekolah akan menentukan seberapa mahal biaya pendidikan yang mereka bebankan kepada orang tua. Pada umumnya, sekolah negeri menawarkan biaya yang jauh lebih rendah daripada sekolah swasta. Jadi, sekolah negeri ini bisa menjadi solusi jika menginginkan anggaran yang jauh lebih terjangkau.

Namun untuk sekolah umum seperti TK, SD, SMP dan SMA/SMK hanya bisa didaftarkan di sekolah yang terdekat dengan tempat tinggalnya. Informasi yang satu ini juga telah diperoleh berdasarkan Peraturan dari Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB untuk Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan juga Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK.

Sedangkan untuk tingkat tersier, sebaiknya merencanakan beberapa opsi, mulai dari universitas negeri hingga swasta. Perguruan tinggi swasta akan menjadi alternatif jika anak Anda tidak berhasil masuk perguruan tinggi negeri. Dalam memilih kampus, selain mempertimbangkan kemampuan finansial yang Anda miliki, Anda juga harus menyesuaikan juga dengan minat, prestasi, bakat, dan keahlian anak Anda.

Prediksi Pengeluaran

Berikut contoh pertanyaan yang akan membantu Anda memprediksi komponen dari biaya pendidikan:

  • Lokasi sekolah apakah masih satu wilayah, luar kota, atau luar negeri?
  • Jika masih satu area, lalu seberapa jauh dari rumah Anda? Apakah Anda perlu untuk menggunakan layanan berlangganan?
  • Jika Anda berada di luar kota atau di luar negeri, apakah telah disediakan hostel, atau harus menyewa kos-kosan, atau mungkin tinggal bersama dengan kerabat jauh?
  • Fasilitas belajar apa yang akan dibutuhkan oleh anak-anak (misalnya kendaraan, laptop, printer, meja gambar untuk mahasiswa arsitek dan sebagainya)?
  • Jika di kost, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan anak (misalnya alat masak, AC atau kipas angin, meja belajar, lemari pakaian, spring bed, dll)?
  • Berapa banyak uang saku yang Anda sediakan untuk kebutuhan pribadi anak Anda?

Masih banyak lagi pertanyaan di luar semua itu. Namun, langkah yang ada diatas bisa menjadi langkah pertama Anda. Jangan ragu untuk menambahkan pertanyaan lain yang ada dalam pikiran Anda. 

Tips Mempersiapkan Anggaran Pendidikan

Setelah memiliki proyeksi anggaran pendidikan, ada beberapa cara lainnya untuk mempersiapkan dana tersebut, dimulai dari menabung, selain menabung masih ada banyak cara yang lainnya.

Tabungan Pendidikan

Buat rekening bank khusus agar Anda bisa menyiapkan tabungan biaya pendidikan anak Anda, sehingga terpisah dari dana lain. Jika cukup memungkinkan, maka sisihkan beberapa persen dari pendapatan Anda dari hari pertama gajian Anda untuk memastikan bahwa tabungan diisi secara teratur setiap bulan.

Investasi Emas

Emas adalah salah satu jenis investasi terbaik dengan nilai jual yang stabil dan cenderung meningkat setiap tahunnya. Jika tabungan direncanakan untuk jangka waktu yang lama, misalnya 5 tahun ke depan, sebaiknya investasikan dalam bentuk emas. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalkan inflasi.

Bantuan Biaya Pendidikan

Penghasilan Anda tidak cukup? Anda tidak perlu khawatir karena pemerintah memberikan program Kartu Indonesia Pintar (KIP), yaitu bantuan biaya pendidikan anak bagi orang tua/wali siswa yang memiliki gabungan penghasilan bruto paling banyak Rp 4 juta per bulan atau gabungan penghasilan orang tua/wali dibagi dengan jumlah anggota maka hasil maksimal untuk keluarga adalah Rp. 750 ribu.

Selain itu, ada syarat lain yang harus dipenuhi. Jika tertarik, maka gali lebih dalam informasi program KIP di internet dan terapkan mulai dari sekarang. Cara mendaftar dengan cara mengisi formulir pendaftaran melalui website milik Kemdikbud. Jika aplikasi Anda diterima, biaya sekolah anak Anda akan dibantu oleh pemerintah hingga studi sarjana (maksimal 8 semester). Hal yang satu ini sangat menarik bukan?

Ketika saatnya telah tiba untuk mendaftar ke sekolah atau perguruan tinggi yang telah direncanakan, maka Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan mereka. 

Itu saja ulasan strategi untuk merencanakan dan mulai mempersiapkan biaya pendidikan seperti yang dilansir situs slot. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular