Monday, September 16, 2024
HomeLifestyleCara atasi HP Ngeframe saat Bermain Game Online

Cara atasi HP Ngeframe saat Bermain Game Online

Cara mengatasi HP Ngeframe saat bermain game di Android bisa dilakukan lewat beberapa cara yang akan dibagikan pada artikel ini. Ngeframe disini maksudnya adalah frame per second (FPS) pada HP Android yang tiba-tiba turun saat digunakan untuk bermain game. Bagi yang gemar bermain game, pastinya sudah tidak asing lagi dengan masalah Ngeframe saat bermain game, bukan. 

Cara Mengatasi HP Ngeframe

Ada beberapa Cara atasi HP Ngeframe saat Bermain Game Online:

Custom ROM

Pertama, lakukan custom ROM, nah setiap hp sebetulnya sudah dibekali dengan ROM bawaan dari awal. Namun ROM tersebut terkadang tidak sempurna, banyak bug dan sebagainya, sehingga banyak pengguna yang melakukan custom ROM dengan cara menggantinya dengan ROM yang lebih baik.

Perlu anda ketahui bahwa custom ROM merupakan ROM original yang sudah di repair sehingga hasil dari repair tersebut jika digunakan pada hp anda akan terasa lebih baik dibandingkan jika anda menggunakan ROM bawaan.

Untuk bisa melakukan custom ROM anda harus mengerti terlebih dahulu cara installnya jika belum maka tidak disarankan untuk melakukannya sendiri, anda bisa melakukannya dengan orang yang sudah profesional atau yang sudah biasa melakukan custom ROM.

Pembaruan Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi pada hp Android dapat membantu Anda mengatasi masalah hp lemot saat bermain game. Dengan begitu, hp Anda dinilai lebih ringan saat menjalankan aplikasi berat seperti game. Berikut cara mengatasi masalah hp lemot dengan memperbarui sistem operasi melalui pengaturan:

  • Pertama, anda masuk ke menu pengaturan.
  • Dan selanjutnya, Klik Pembaruan Perangkat Lunak
  • Lalu, Klik Unduh dan instal. Tunggu perangkat memeriksa pembaruan, maka proses akan berlangsung secara otomatis jika pembaruan tersedia. Selesai
  • Pembaruan sistem operasi telah selesai, yang ditandai dengan layar Android yang menampilkan menu utama.

Hapus Daftar Aplikasi yang Tidak Terpakai

Cara mengatasi hp yang nge-frame selanjutnya adalah anda bisa menghapus beberapa aplikasi yang tidak anda gunakan atau bahkan belum pernah anda gunakan sama sekali. Aplikasi yang tidak terpakai hanya akan membebani internal storage anda jadi jika tidak penting lebih baik anda hapus saja, jika spesifikasi hp anda tinggi tidak masalah.

Jika spesifikasi pas-pasan, RAM kecil dan sebagainya kemudian anda terlalu banyak menginstal aplikasi game maka sudah pasti akan nge-frame pada hp anda. Untuk menghapus aplikasi di hp sangatlah mudah, Anda hanya perlu menekan dan menahan aplikasi tersebut lalu pilih uninstall maka aplikasi berhasil terhapus.

Lakukan Hard Reset pada Android

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan jika mendapati hp lemot saat digunakan bermain game adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset. Kekurangannya yaitu semua yang ada di hp bisa hilang dan pengaturan hp kembali ke pengaturan pabrik. Namun, setelah melakukan factory reset, hp akan lebih ringan dan masalah pada hp akan hilang. Berikut langkah-langkah untuk melakukan factory reset hp Android yang bisa Anda ikuti:

  • Buka pengaturan hp Android.
  • Selanjutnya, pilih General Settings.
  • Anda bisa pilih Factory data reset, setelah Klik Backup dan reset.
  • Klik Reset phone dan tunggu prosesnya selesai.
  • Matikan Safe Mode diHp Saat Bermain Game

Beberapa smartphone memiliki Safe Mode dengan tujuan untuk menghemat daya pada waktu tertentu. Saat mode ini berjalan, beberapa fitur akan berkurang, termasuk jaringan yang dibatasi pada mode 3G. Jadi, pastikan terlebih dahulu saat bermain game kapasitas baterai Anda mencukupi. Apalagi jika smartphone Anda mengaktifkan Safe Mode untuk menghemat penggunaan daya baterai.

Upgrade Sistem Android

Kemudian tips lain cara mengatasi HP yang nge-frame adalah dengan meng-upgrade versi Android HP Anda ke sistem yang lebih baru. Jika di HP Anda sudah ada pembaruan sistem Android, segera perbarui karena jika dibiarkan begitu saja, performa HP Anda akan menurun karena aplikasi tersebut sudah tidak kompatibel dengan sistem Android lama.

Untuk update sendiri disarankan untuk menggunakan koneksi WiFi karena proses update membutuhkan waktu yang lama dan file dari update tersebut juga berukuran besar sehingga akan menguras kuota Anda.

Lakukan Factory Reset

Cara terakhir untuk mengatasi HP yang hang yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan factory reset pada HP yang Anda gunakan. Cara ini sangat ampuh karena dapat membersihkan semua penyimpanan pada HP Anda seperti semula. 

Namun kekurangannya adalah semua data yang ada pada HP Anda akan terhapus kecuali yang bawaan. Untuk cara reset sendiri setiap HP berbeda-beda, jadi silahkan cari saja cara yang sesuai dengan seri HP yang Anda gunakan agar lebih mudah dipahami.

Demikian penjelasan tentang Cara atasi HP Ngeframe saat Bermain Game Online seperti yang dilansir toto slot semoga bermanfaat, terimakasih.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular