Saturday, July 6, 2024
No menu items!
No menu items!
HomeTechnologyCara Mengecek Nomor Model dan Spesifikasi Laptop Anda dengan Mudah

Cara Mengecek Nomor Model dan Spesifikasi Laptop Anda dengan Mudah

Menemukan nomor model dan spesifikasi pada laptop relatif mudah. Dalam panduan ini, kita juga akan membahas langkah cepat yang dapat Anda ambil untuk menemukan nomor model dan spesifikasi Anda.

Cara Menemukan Nomor Model Laptop Anda

Nomor model laptop Anda dapat membantu diri Anda untuk mengetahui spesifikasi yang ada didalam laptop Anda ini dan juga akan membantu Anda untuk menemukan informasi pemecahan masalah yang sangat penting. Untungnya, dalam banyak kasus yang sering terjadi ini, nomor model mudah ditemukan.

  • Balik laptop Anda. Di suatu tempat di bagian bawah komputer Anda, Anda akan melihat logo dan teks kecil. Seringkali, di situlah model laptop Anda berada. Terkadang, model dan merek dicantumkan bersama-sama (misalnya “Acer Aspire 5517”), sementara yang lain mungkin mencantumkan merek dan nomor model secara terpisah.
  • Namun, tidak semua laptop memiliki informasi ini di bagian bawah. Terkadang, Anda juga harus melepas panel bawah ini untuk memeriksa nomor model laptop. Namun, dalam kasus seperti  ini, seringkali lebih mudah untuk menemukan model laptop Anda di Panel Kontrol.
  • Ketik “Control Panel” ke dalam bilah pencarian di bagian bawah layar Anda. Klik Control Panel yang muncul di hasil pencarian.
  • Kliklah pada “Systems and Security.” Ini harus menjadi pilihan pertama untuk Anda.
  • Klik “System”.

Cara Memeriksa Spesifikasi Pada Laptop Anda

Jika Anda hanya ingin mengetahui CPU, GPU, atau berapa banyak RAM yang dimiliki oleh laptop Anda, maka ada cara lainnya untuk menemukan spesifikasi ini dan cara ini bisa dibilang sangat efektif sekali.

Cara Memeriksa CPU Anda

  • Klik kanan pada tombol Windows di sudut kiri bawah. Daftar opsi akan muncul.
  • Klik pada “System.” Itu harusnya berada di bagian tengah.
  • Anda sekarang harus berada di halaman “About”. Lalu Anda akan menemukan bagian yang disebut ” Device Specifications “. CPU yang dimiliki laptop akan tercantum di sebelah “processor” di bagian ini.
  • Anda juga dapat mengetahui berapa banyak RAM yang Anda miliki di halaman “Device Specifications”.

Cara Memeriksa Motherboard Anda

Anda tetunya sangat jarang memeriksa motherboard apa yang Anda miliki di laptop. Namun, jika Anda membutuhkannya, karena alasan apa pun, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan.

  • Ketik “System Information” ke dalam bilah pencarian di bagian bawah layar Anda.
  • Aplikasi populer bernama “System Information” juga muncul di hasil pencarian. Klik di atasnya.
  • Ini akan membuka daftar informasi yang sangat banyak. Namun, di bagian bawah, Anda akan melihat informasi yang disebut “BaseBoard Manufacturer.” Ini adalah merek motherboard Anda. Tepat pada bagian  bawah, Anda akan melihat “BaseBoard Manufacturer,” atau “BaseBoard Product” yang merupakan sebuah nomor pada model motherboard Anda. 
  • Anda juga dapat menggunakan panel System Information untuk mengetahui CPU dan GPU yang Anda miliki, serta berapa banyak memori yang telah terpasang.

Cara Memeriksa GPU Anda

Pada saat bermain game, GPU yang ada pada laptop Anda ini adalah hal yang sangat penting sekali. Baik Anda ingin melihat apakah laptop Anda memenuhi persyaratan game, atau hanya membandingkannya dengan model lain, Anda perlu mengetahui jenis GPU yang Anda miliki. Berikut ini cara menemukannya:

  • Klik kanan pada ikon Windows di sudut kiri bawah. Ini akan memunculkan menu dengan beberapa opsi berbeda.
  • Klik pada “Device Manager.”
  • Sekarang, Anda akan berada di daftar menu drop-down. Aplikasi ini berisi nama setiap perangkat di komputer Anda, serta yang terhubung melalui USB dan Bluetooth.
  • Di dekat bagian atas, Anda akan melihat menu bernama “Display Adaptors.” Klik di atasnya.
  • GPU Anda akan terdaftar di bawah menu ini. Perhatikan saja bahwa mungkin ada dua opsi. Satu untuk GPU mandiri dan satu lagi untuk grafis terintegrasi yang disertakan pada CPU Anda. Jika ada dua pilihan, yang penting diperhatikan adalah GPU standalone.

Cara Memeriksa Motherboard Anda

Motherboard ini sendiri adalah salah satu platform yang akan menghubungkan semua perangkat keras Anda dan juga memungkinkan mereka berkolaborasi. Ini juga menentukan jenis periferal apa yang dapat Anda sambungkan kedalam laptop Anda dan berapa jumlahnya. Jumlah dan generasi perangkat USB, modul RAM, dan kartu ekspansi PCIe di komputer Anda semuanya bergantung pada motherboard Anda.

Namun yang paling penting disini adalah motherboard yang aka menentukan chipset Anda, maka pusat komunikasi yang menyampaikan pesan antara CPU dan semua komponen lain yang ada di sistem laptop milik Anda. Seperti yahg disebutkan, Anda memerlukan kombinasi CPU-motherboard yang kompatibel.

Cara Memeriksa

  • Periksa model motherboard Anda menggunakan utilitas System Information.
  • Kemudian carilah di Google nomor modelnya untuk menemukan lembar spesifikasi motherboard, yang harus mencakup daftar semua port dan slot serta model chipset dan frekuensi pengoperasian.
  • Namun, jika Anda ingin melewati langkah itu, gunakan HWiNFO.

Demikian ulasan tentang Cara Mengecek Nomor Model dan Spesifikasi Laptop Anda dengan Mudah seperti yang dilansir situs slot, semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular