Monday, July 1, 2024
HomeLatestContoh Sikap Menghormati Guru Yang Wajib Dilakukan Oleh Siswa

Contoh Sikap Menghormati Guru Yang Wajib Dilakukan Oleh Siswa

Guru adalah orang tua kita di sekolah, guru mengajarkan kita banyak ilmu, ilmu dan akhlak yang berguna untuk kehidupan kedepannya. Oleh karena itu, kita harus Menghormati Guru dengan baik di sekolah dan di mana pun kita bertemu.

Menghormati guru dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti menghormati kedua orang tua (ayah dan ibu). Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa contoh sikap menghormati terhadap guru yang penting untuk diterapkan oleh setiap siswa.

Contoh Sikap Menghormati Guru

Memperhatikan Guru Ketika Sedang Menyampaikan Materi Pelajaran

Pertama, rasa hormat terhadap guru dapat ditunjukkan dengan memberikan perhatian pada saat guru sedang mengajar di kelas. Kita harus memperhatikan dan mendengarkan baik-baik agar mampu menyerap segala ilmu yang disampaikan guru.

Tidak Memotong Pembicaraan Guru

Kedua, kita tidak boleh menyela pembicaraan ketika guru sedang berbicara. Kita harus diam dan mendengarkan ketika guru berbicara, baru setelah guru selesai berbicara barulah kita bisa membalas atau menanyakan sesuatu.

Berbicara Dengan Menggunakan Bahasa Yang Sopan Kepada Guru

Selanjutnya, siswa diwajibkan untuk berbicara yang sopan kepada guru. Kita tidak boleh menggunakan kata-kata yang bersifat negatif, kasar, atau dapat melukai perasaan guru. Sikap seperti ini membuat guru merasa dihormati dan dihargai oleh siswanya.

Mengucapkan Salam Atau Menyapa Saat Bertemu Guru

Misalnya saja jika kamu bertemu guru di jalan atau di tempat lain, jangan lupa untuk menyapa atau menyapa dengan sopan. Anda tidak boleh berpura-pura tidak tahu atau sengaja tidak menyapa guru saat bertemu.

Mengerjakan PR Dan Tugas Dari Guru

Mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas juga merupakan salah satu cara siswa menghormati gurunya. Kita hendaknya mengerjakan pekerjaan rumah kita di rumah dan menyerahkannya tepat waktu seperti yang ditentukan oleh guru. Saat mengerjakan pekerjaan rumah, hendaknya kita mengerjakannya sendiri dan berusaha semaksimal mungkin menjawab dengan benar.

Berperilaku Sopan Terhadap Guru

Selanjutnya kita sebagai siswa harus selalu berperilaku sopan terhadap guru. Santun artinya tingkah laku yang baik, tutur kata yang baik, dan tindakan yang menyenangkan hati orang lain. Maksudnya kita harus mempunyai sopan santun dihadapan guru sebagai wujud rasa hormat terhadap guru.

Mendengarkan Nasehat Guru

Jika kita diberi nasehat dari seorang guru, hendaknya kita mendengarkan dan melaksanakan nasehat tersebut. Guru ibarat orang tua kita di sekolah, sehingga guru mengetahui berbagai hal yang baik untuk kita.

Mematuhi Perintah Guru

Lalu, jika guru menyuruh kita melakukan sesuatu, hendaknya kita segera melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab dan amanah. Misalnya saja ketika guru menyuruh kita mengambil buku dari kantor, kita harus segera pergi mengambil buku tersebut.

Tidak Mendahului Guru Saat Berjalan

Kita tidak boleh mendahului guru ketika berjalan, sikap ini merupakan bentuk penghormatan terhadap guru sebagai sosok yang lebih tinggi dan berilmu dari kita. Jika kita memang terdesak dan ingin mendahului guru, maka sebaiknya kita terlebih dahulu meminta izin secara sopan.

Mencoba Menyenangkan Guru

Sebagai siswa, kita harus bisa menyenangkan hati guru. Ada beberapa contoh sikap yang bisa dilakukan oleh setiap siswa terhadap gurunya. Sebagai siswa yang teladan, maka setiap siswa harus bisa menyenangkan gurunya. Contoh sikap yang harus dilakukan yaitu bersikap baik hati, menuruti perintahnya, dan bersikap sopan setiap waktu. 

Berdiri Ketika Guru Lewat

Lalu jika ada guru yang lewat di depan kita, hendaknya kita berdiri dan menyapa sebagai bentuk penghormatan terhadap guru tersebut. Kita tidak boleh berpura-pura tidak tahu atau sengaja bersikap cuek terhadap guru.

Tidak Berkata Kasar Atau Memarahi Guru

Selanjutnya, siswa dilarang mengucapkan kata-kata kasar atau kotor. Hal penting lainnya siswa tidak boleh marah kepada guru. Sikap seperti ini penting untuk kita hindari agar kita menjadi siswa yang selalu menghargai guru atas segala jasanya.

Belajar Keras Agar Membanggakan Guru

Sebagai siswa, kewajiban kita adalah giat mempelajari materi pelajaran di sekolah. Belajar dengan giat, maka akan membuat guru kita menjadi bangga. Jadi sikap seperti ini merupakan salah satu cara menghormati guru di sekolah.

Mencium Tangan Guru Saat Bertemu Atau Berpamitan

Mencium tangan guru saat bertemu atau berpamitan merupakan salah satu bentuk sopan santun yang penting dilakukan siswa. Mencium tangan guru sama seperti disaat kita mencium tangan orang tua karena mendapatkan pahala.

Tidak Berisik Atau Mengganggu Di Kelas

Kita juga bisa menghormati guru dengan tetap bersikap tenang saat berada di kelas atau sekolah. Artinya kita tidak boleh membuat kegaduhan, ngobrol, atau menimbulkan kegaduhan yang dapat mengganggu ketenangan kegiatan belajar mengajar.

Membantu Guru Yang Membutuhkan Bantuan

Contohnya adalah ketika seorang guru kesulitan mengangkat buku yang banyak, maka kita harus segera membantu dengan mengangkat beberapa buku tersebut. Sikap ini penting diterapkan di sekolah sebagai bentuk penghormatan terhadap guru.

Memaafkan Guru Jika Berbuat Salah

Manusia tidak lepas dari melakukan kesalahan, termasuk guru di sekolah. Kita harus memaafkan guru yang berbuat salah kepada kita dengan lapang dada. Kita tidak boleh menyimpan dendam terhadap guru.

Ucapkan Terima Kasih Setelah Guru Selesai Mengajar

Ketika guru telah selesai menyampaikan materi pelajaran, siswa hendaknya mengucapkan terima kasih kepada guru. Ucapan salam ini penting sebagai bentuk penghormatan terhadap guru yang telah memberikan ilmunya kepada kita.

Minta Izin Jika Ingin Keluar Kelas

Selanjutnya ketika kita ingin keluar kelas karena suatu hal, misalnya ke kamar mandi, kita harus meminta izin terlebih dahulu kepada guru. Jika diizinkan, maka kita boleh meninggalkan kelas.

Bersikap Lembut Terhadap Guru

Selain bersikap sopan terhadap guru, kita juga harus bersikap lemah lembut dan ramah terhadap guru. Bersikap lembut kepada guru akan menunjukkan sikap sopan dan menghormati gurunya. Sebagai siswa, kita harus bersikap lembut dan tidak berbicara kasar pada guru.

Menjenguk Guru Yang Sakit

Biasanya siswa akan bersama-sama mengunjungi guru yang sakit sebagai bentuk penghormatan terhadap gurunya. Adab juga harus ada ketika mengunjungi guru, seperti membawa sesuatu, tidak membuat keributan di rumah guru, mendoakan guru, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang Contoh Sikap Menghormati Guru Yang Wajib Dilakukan Oleh Siswa seperti yang dilansir join88. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular