Thursday, July 4, 2024
HomeUncategorizedJumlah Hard Drive yang Dapat Dimiliki Oleh Sebuah PC

Jumlah Hard Drive yang Dapat Dimiliki Oleh Sebuah PC

Sepertinya Anda tidak akan pernah mendapatkan penyimpanan yang cukup di PC Anda. Tidak peduli seberapa besar hard drive yang Anda miliki pada saat ini, hard drive akan selalu terisi dengan cepat seiring berjalannya waktu, dan Anda tidak ingin harus menghapus file dan game Anda. Salah satu solusi paling logisnya adalah dengan menggunakan dua hard drive untuk menggandakan penyimpanan Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sebagian penyimpanan ekstra untuk mencadangkan data paling penting yang ada pada PC Anda. Namun, bagaimana jika yang kedua juga terisi? Lalu Bisakah Anda menginstal yang ketiga? Apakah ada batasan jumlah hard drive yang dapat ditambahkan ke PC?

Berapa Banyak Hard Drive yang Dapat Dimiliki PC?

Jumlah hard drive yang dapat Anda pasang pada PC Anda akan sangat bergantung pada berapa banyak slot SATA yang tersedia pada motherboard Anda. Kebanyakan motherboard modern yang ada pada saat ini telah memiliki empat atau enam slot SATA, sehingga Anda dapat memasang maksimal enam hard drive kedalam PC Anda, dengan asumsi Anda tidak ingin menggunakan penulis DVD ataupun SSD. Untuk mengetahui jumlah pasti slot SATA, Anda dapat membuka casing dan menghitung slot kecil berbentuk L. 

Alternatif yang dapat Anda saat ini adalah Anda dapat memeriksa model motherboard Anda atau juga memeriksa utilitas UEFI pada periferal terintegrasi. Namun, meskipun Anda memiliki banyak slot SATA, Anda mungkin tidak dapat menggunakan semuanya untuk memasang lebih banyak hard drive karena beberapa faktor yang kurang penting menentukan berapa banyak drive yang pada akhirnya Anda miliki.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Hard Drive di PC Anda

 Motherboard

Seperti yang telah disebutkan, motherboard biasanya menjadi faktor penentu jumlah hard drive internal yang dapat ditangani oleh PC. Koneksi Motherboard-HDD tersedia dalam dua jenis: SATA dan juga PATA.

Sistem Operasi

Meskipun ini mungkin terdengar aneh, sistem operasi memiliki batasan pada penyimpanan maksimum yang dapat didukungnya. Itu karena OS Anda perlu memiliki alamat untuk setiap sektor hard drive Anda untuk mencari, membaca, dan menulis informasi yang disimpan di sektor tersebut adalah data 512 byte. Windows juga menggunakan mekanisme Master Boot Record (MBR) dengan ruang address 32-bit. Oleh karena itu, jumlah maksimum sektor yang dapat ditampungnya adalah 2^32*512, yang bisa berarti 2 TB.

Selain itu, Master Boot Record (MBR) ini hanya akan mengizinkan Anda untuk memiliki empat partisi utama, sedangkan Windows hanya memberi Anda 24 huruf untuk ditetapkan kedalam drive PC Anda. Selain itu, Anda juga tidak dapat menggunakan semua huruf tersebut untuk partisi hard drive karena Anda mungkin memerlukan beberapa huruf tersebut untuk stik USB, drive optik, dan juga drive jaringan.

Untungnya, mekanisme address baru yang dikenal sebagai GPT menghilangkan batasan kapasitas dan partisi primer, namun Windows 8 dan versi lebih lama tidak mendukungnya. Anda masih dibatasi oleh jumlah huruf dalam alfabet dan (NTFS) ini. Anda dapat beralih ke Linux jika merasa hal ini mengganggu. 

Power Supply

Harddisk tidak memakan banyak daya, namun tetap memerlukan kabel listrik langsung dari PSU. Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup kabel empat pin yang keluar dari PSU untuk memberi daya pada disk Anda. Jika Anda tidak memiliki cukup, Anda dapat membeli kabel pembagi daya SATA dengan memberi Anda empat konektor daya perempuan. Namun, pengelolaan kabel akan sedikit lebih menantang, dan Anda harus memastikan bahwa Anda tidak membebani PSU PC Anda secara berlebihan.

Meskipun hal yang satu ini mungkin tampak tidak mungkin terjadi, namun Anda mungkin sudah berada pada batas maksimal kemampuan PSU PC Anda, ini sangat tergantung pada pengaturan Anda. Pada saat menjumlahkan konsumsi daya komponen, Anda harus selalu memperhitungkan lonjakan arus yang dapat membuat PSU Anda melebihi batas dan menyebabkannya mati tanpa adanya peringatan. Sisakan kapasitas 10 hingga 20 persen, terutama jika Anda memasang satu atau beberapa kartu grafis kelas atas.

Casing 

Sebelum Anda dapat memasang beberapa hard drive di casing Anda, Anda perlu memastikan tersedia cukup ruang untuk memasangnya. Anda tidak bisa membiarkan drive begitu saja menggantung di udara karena drive memerlukan tempat duduk yang tepat untuk mencegah bad sector dan akan memastikan pengoperasian yang optimal. Selain itu, Anda juga perlu memberikan sedikit jarak antar drive karena menumpuknya di atas satu sama lain akan menciptakan tekanan yang tidak perlu pada bagian bawah. 

Dan drive akan saling mempengaruhi secara negatif dengan cara bergetar. Ruang mungkin menjadi masalah pada casinf mini  kecil yang mendukung motherboard ITX. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan hard drive USB eksternal atau drive NVMe jika motherboard mendukungnya. Anda ini juga dapat memindahkan perangkat keras Anda ke casing yang lebih besar dengan ruang yang cukup.

Demikian ulasan tentang Jumlah Hard Drive yang Dapat Dimiliki Oleh Sebuah PC seperti yang dilansir game online, Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular