Saturday, June 29, 2024
HomeBusinessInilah Alasan Mengapa Harga GPU Begitu Mahal

Inilah Alasan Mengapa Harga GPU Begitu Mahal

Anda mungkin lebih memilih untuk membeli GPU baru dan mulai meneliti merek dan harga. Saat Anda melihatnya, Anda menemukan GPU tidak hanya sulit ditemukan, tetapi harganya mahal. Mengapa harga GPU mahal? Ini bermuara pada hukum penawaran dan permintaan yang dipengaruhi banyak variabel.

Apa Itu GPU?

Unit pemrosesan grafis , atau GPU, awalnya dirancang untuk merender grafik 3D ini. Seiring berjalannya waktu, maka kemampuan GPU digunakan untuk lebih banyak aplikasi daripada sekadar rendering grafis. GPU juga bertindak sebagai prosesor paralel bersama dengan CPU untuk menghasilkan tampilan visual.

Kekuatan GPU kini dimanfaatkan untuk komputasi berkinerja tinggi, kecerdasan buatan, pembelajaran mendalam, pengeditan video, dan pembuatan konten. GPU juga memasok kekuatan komputasi utama di balik penambangan kripto, karena kemampuannya menghasilkan pekerjaan berulang secara efisien.

Alasan Teratas Mengapa Harga GPU Begitu Mahal

Kekurangan Chip Semikonduktor

Semikonduktor digunakan di perangkat komputer serta perangkat yang menggunakan gelombang radio. Ketika pandemi telah melanda, produsen mobil, yang mengharapkan penurunan permintaan kendaraan, mengurangi jumlah pesanan semikonduktor yang menyebabkan penurunan produksi. Selain itu, sebuah lockdown dan karantina mengurangi produksi semikonduktor karena kurangnya pekerja yang tersedia.

Yang memperburuk masalah yang satu ini adalah seiring dengan berlanjutnya pandemi, permintaan terhadap perangkat elektronik meningkat, sehingga menyebabkan peningkatan permintaan terhadap semikonduktor. Ketika stok telah mulai habis, maka tumpukan pesanan akan meningkat, dan meskipun produksi semikonduktor telah dilanjutkan, simpanan produk dan permintaan masih melebihi produksi.

Blockchain

Diketahui juga bahwa cryptocurrency ini didasarkan pada teknologi blockchain. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan konsumen menuntut transaksi yang efisien dan terlihat, bisnis lainnya juga mulai menggunakan teknologi blockchain. Blockchain digunakan dalam segala hal mulai dari keuangan dan hipotek hingga pencatatan dan pelacakan material. Peningkatan penggunaan teknologi blockchain menyebabkan peningkatan permintaan GPU yang mampu untuk menangani dan memvalidasi transaksi.

Kualitas Lebih Tinggi

Sama seperti semua hal teknis, GPU mengalami peningkatan kinerja dan kemampuan untuk memenuhi dan melampaui permintaan. GPU dikemas dengan peningkatan penyimpanan, kompatibilitas, dan daya. Peningkatan kemampuan ini menyebabkan tingginya permintaan akan GPU baru yang telah dilengkapi dengan semua fitur yang diinginkan oleh semua pengguna ini, tidak hanya gamer dan profesional media.

Tarif

Tarif produk yang diimpor dari Tiongkok dinaikkan menjadi 25% pada tahun 2018. Kenaikan tarif ini juga berdampak pada banyak produk termasuk produk teknologi seperti semikonduktor. Semikonduktor ini tentu saja diperlukan untuk membuat produk seperti GPU. Ketika biaya impor produk dari Tiongkok meningkat, biaya untuk memproduksi barang-barang yang menggunakan barang impor tersebut juga meningkat. Kenaikan biaya produksi juga diteruskan ke konsumen dalam bentuk harga yang lebih tinggi.

Biaya Pengiriman

Terkait dengan kenaikan tarif produk dari Tiongkok, maka biaya pengiriman juga akan segera meningkat. Dengan semakin sedikitnya produk yang berasal dari Tiongkok, maka pengiriman kapal kontainer yang tidak penuh dengan produk ke seberang lautan akan menjadi kurang efisien dari segi biaya. Pihak yang melakukan perjalanan ini harus menaikkan biaya pengiriman untuk mengimbangi pengurangan produk.

Meningkatnya biaya pengiriman juga berdampak pada industri angkutan udara. Meskipun ada metode pengiriman angkutan udara yang telah didedikasikan hanya untuk pengiriman, sejumlah besar angkutan barang dilakukan dengan pesawat penumpang. Dengan berkurangnya perjalanan pribadi, jumlah barang yang dikirimkan melalui metode tersebut juga berkurang, sehingga ini meningkatkan biaya pengiriman.

Bundel

Permintaan akan GPU sangat besar sekali pada saat ini sehingga ada beberapa produsen GPU yang juga memproduksi produk teknologi lain seperti CPU juga akan memerlukan pembelian produk yang kurang diminati untuk menerima permintaan GPU yang tinggi. Hal ini juga akan menyebabkan pengecer tidak ingin terhambat dengan produk yang tidak dapat mereka pindahkan untuk menerima GPU yang diminta.

Scalper

Para calo dan reseller yang cerdas telah memanfaatkan peningkatan permintaan GPU. Scalper juga akan menggunakan bot untuk membeli stok begitu tersedia. Mereka kemudian akan menjual kembali barang-barang tersebut dengan harga selangit. Yang memperburuk masalah ini adalah permintaan konsumen yang tinggi sehingga pembeli harus membayar harga tinggi untuk menerima barang ini, sehingga akan memotivasi para scalper untuk menghabiskan stok dan menjualnya kembali demi keuntungan pribadi.

Akankah Harga GPU Kembali Normal?

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan besar-besaran harga GPU sepertinya tidak akan hilang dalam waktu dekat. Namun, produsen GPU seperti Nvidia dan AMD akan meluncurkan kartu generasi berikutnya pada musim gugur. Ini dapat membantu menstabilkan harga GPU. Selain itu, seiring dengan meningkatnya permintaan akan metode penambangan mata uang kripto yang lebih hemat daya. 

Insentif untuk inovasi teknologi akan berkurang yang akan mengurangi jumlah daya pemrosesan yang diperlukan untuk menambang mata uang kripto. Hal ini mungkin juga akan mengurangi permintaan GPU. Sayangnya, semua hal ini tidak akan mempengaruhi lingkungan biaya GPU ini dalam waktu dekat.

Demikian ulasan tentang Inilah Alasan Mengapa Harga GPU Begitu Mahal seperti yang dilansir slot online, semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular