Saturday, July 6, 2024
HomeLifestylePenyebab dan Perbaikan Saat Komputer Hidup dan Mati

Penyebab dan Perbaikan Saat Komputer Hidup dan Mati

Apkah Anda sudah bersiap-siap untuk mengerjakan tugas sehari-hari dengan komputer Anda, tetapi setelah baru saja memulai, komputer Anda mati secara mendadak. Ini adalah masalah yang sangat mengkhawatirkan, terutama ketika Anda merasa komputer Anda telah hampir mencapai akhir masa pakainya. Namun, meluangkan waktu dapat membantu Anda menemukan dan menyelesaikan masalah.

Masalah Pada Tombol Daya

Tombol daya yang lengket (di depan casing) dapat menyebabkan komputer Anda mati setelah beberapa saat. Untuk menguji tombol yang berpotensi lengket, matikan sakelar daya di bagian belakang casing dan tekan tombol daya beberapa kali. Anda dapat dengan mudah merasakan jika tombol power lengket.

Cara Memperbaiki

  • Apa pun penyebab tombol daya lengket, Anda dapat memperbaikinya dengan mudah. Anda perlu membasahi kain lembut dengan isopropil alkohol dan menyeka tombol dan area di sekitarnya. Anda juga bisa menggunakan kapas basah untuk mengusapkannya di sekitar tepinya dan mendapatkan akses yang lebih baik. Jika Anda tidak dapat membersihkan tombol daya (yang kemungkinannya kecil), Anda dapat mengganti tombol tersebut.
  • Meskipun demikian, ada cara lain untuk menyalakan komputer Anda tanpa tombol power. Anda dapat menggunakan tombol reset untuk menghidupkan komputer Anda. Anda hanya perlu membuka case dan mengganti kabel reset dengan kabel power. Sekarang, dengan menekan tombol reset, komputer Anda akan menyala.

Kotoran dan Debu

Kotoran dan debu tidak berdampak secara langsung pada fungsi PC, namun kotoran dan debu ini dapat merusak CPU seiring berjalannya waktu. Efeknya adalah mengurangi aliran udara melalui komponen. Udara di dalam casing menjadi lebih hangat, dan kipas menjadi tidak efektif dalam mengeluarkannya. Ketika CPU menjadi jauh lebih panas dari ambang batas yang diizinkan, maka seluruh sistem akan mati.

Cara Memperbaiki

  • Pertama, bawa casing ke ruangan yang berventilasi baik dan cabut semua kabel agar lebih aman. Sekarang, kenakan masker dan mulailah membuka casingnya, termasuk panel samping dan depan. Gunakan selembar kain mikrofiber atau udara bertekanan untuk menghilangkan debu. 
  • Terakhir, gunakan penyedot debu untuk menghilangkan debu yang terkumpul di lantai casing Anda. Ingatlah untuk menutupi setiap ruang kecil dan jangan memberikan terlalu banyak tekanan. Jika tidak, Anda akan merusak komponen halusnya.

Sekrup Longgar

Sekrup yang longgar bisa menjadi salah satu faktor penyebab korsleting listrik. Tanpa peringatan, dapat keluar dari berbagai komponen yang terhubung ke motherboard, sehingga menimbulkan berbagai tanda masalah. Motherboard terpasang ke casing melalui beberapa sekrup. Satu sekrup yang longgar dapat menyebabkannya menyentuh komponen lainnya, sehingga menyebabkan lebih banyak korsleting listrik.

Bagaimana cara memperbaiki

  • Pertama-tama, cabut casing, lalu goyangkan untuk melihat apakah Anda mendengar suara.
  • Meskipun Anda tidak mendengar suara tambahan apa pun, Anda tidak dapat memastikan tidak ada sekrup yang kendor karena sekrup tersebut mungkin tersangkut.
  • Buka casing Anda untuk mencari sekrup yang tersesat.
  • Sebaiknya gunakan magnet besar untuk menggerakkan sekrup.

Kabel Rusak

Jika penutup plastik kabel atau kabel rusak, maka hal ini dapat bersentuhan dengan komponen lain dan menyebabkan korsleting. Anda perlu membuka casing dan memeriksa kabel yang telanjang. Meskipun kabel yang terkelupas tidak menyebabkan korsleting listrik, namun hal ini dapat menimbulkan masalah.

Cara Memperbaiki

  • Dalam kebanyakan kasus, lebih baik menggantinya dengan kabel lain, terutama jika sudah rusak.
  • Dengan melakukan itu, Anda akan memperbaiki masalah ini secara permanen.
  • Ditambah lagi, ini lebih aman.
  • Namun jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan selotip listrik untuk menutupinya.
  • Perhatikan bahwa Anda hanya dapat menggunakan opsi ini jika penutup kabel rusak, bukan seluruh kabel.
  • Ditambah lagi, untuk memberikan perlindungan yang sama seperti saat menggunakan kabel baru, Anda perlu membungkus kabel tersebut berkali-kali.
  • Selain itu, Anda juga dapat memotong kabel yang rusak dan mengikat kedua ujungnya menjadi satu.
  • Hal ini membuat kawat lebih tahan dan aman dibandingkan hanya menggunakan selotip.

RAM Rusak

Sebagai komponen yang menyimpan informasi jangka pendek, RAM berperan dalam kecepatan dan kinerja komputer. RAM yang rusak mencegah PC melakukan booting secara normal dan membuka aplikasi berbeda secara bersamaan. Modul memori membantu CPU mengakses informasi lebih cepat. 

Namun, jika penempatannya tidak tepat pada slot RAM, dapat menimbulkan masalah. Buka casing komputer Anda dan lihat apakah modul sudah terpasang dengan benar. Biasanya mereka berpasangan dengan warna yang sama. Lepaskan modul dan pasanglah untuk memastikan terpasang dengan benar.

Pelindung Lonjakan Listrik Rusak

Pelindung lonjakan arus merupakan salah satu komponen yang sangat penting sekali bagi komputer karena bisa menjaga tegangan dalam kisaran yang dapat diterima. Jika listrik berfluktuasi ke tingkat yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya, maka pelindung lonjakan arus ini akan mentransfer listrik tambahan ke kabel ground. Namun, pelindung lonjakan arus ini juga dapat mengurangi arus listrik terlalu banyak. 

Akibatnya, komputer tidak dapat menyediakan listrik yang cukup ke PC, dan setelah beberapa saat, komputer akan mati. Untuk memastikan ini bukan masalahnya, lepaskan pelindung lonjakan arus dan colokkan PC ke stopkontak. Jika semuanya baik-baik saja, pelindung lonjakan arus adalah penyebabnya.

Demikian ulasan tentang Penyebab dan Perbaikan Saat Komputer Hidup dan Mati seperti yang dilansir slot alexistogel, semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular