Thursday, July 4, 2024
HomeTechnologyMengenal Apa Itu Pemrograman Internet dan Web

Mengenal Apa Itu Pemrograman Internet dan Web

Internet ini adalah jaringan global komputer dan server yang saling terhubung yang memungkinkan orang berkomunikasi, berbagi informasi, dan mulai mengakses sumber daya dari mana saja di dunia. Pemrograman web melibatkan pembuatan situs web dinamis yang interaktif dan ramah pengguna. Ini termasuk penggunaan database, skrip sisi server, dan skrip sisi klien untuk membuat aplikasi yang juga dapat memproses data, menampilkan konten, dan mulai untuk berinteraksi dengan pengguna.

Apa itu pemrograman Internet dan Web?

Internet ini adalah jaringan global sistem komputer yang saling terhubung yang akan memungkinkan komunikasi dan berbagi informasi di seluruh dunia. Internet ini tentunya telah merevolusi cara orang berkomunikasi, belajar, dan menjalankan bisnis. Pemrograman web mengacu pada pengembangan aplikasi web dan situs web yang diakses melalui Internet. Pemrograman web melibatkan pembuatan halaman web, aplikasi web, dan konten online lainnya yang juga dapat ditampilkan di browser web. 

Pemrograman web dilakukan dengan cara menggunakan berbagai bahasa pemrograman, termasuk HTML, CSS, JavaScript, PHP, Python, Ruby, dan Java. Masing-masing bahasa pemrograman ini juga mempunyai kekuatan dan kelemahannya masing-masing, dan pilihanya bergantung pada kebutuhan proyek. Internet adalah jaringan komputer dan server yang luas, yang berkomunikasi satu sama lain.  

Internet juga adalah jaringan luas yang menghubungkan miliaran komputer dan perangkat elektronik lainnya di seluruh dunia. Anda bisa mendapatkan hampir semua informasi, berkomunikasi dengan siapa pun di dunia, dan melakukan lebih banyak hal dengan Internet. Semua ini akan dimungkinkan dengan cara menghubungkan komputer ke Internet, yang pada umumnya ini dikenal sebagai online. 

Bagaimana Cara Kerja Internet dan Pemrograman Web? 

Sisi klien

Pertama, saat kita mengetikkan URL www.google.com, browser mengubahnya menjadi file berisi:

  • GET /HTTP/1.1 (dimana GET berarti kita meminta beberapa data dari server dan HTTP mengacu pada protokol yang kita gunakan, 1.1 mengacu pada versi permintaan HTTP)
  • Host: www.google.com
  • Dan beberapa informasi lainnya

Sekarang file ini akan segera diubah menjadi kode biner oleh browser dan dikirim melalui kabel jika kita terhubung melalui Ethernet dan jika kita menggunakan WiFi ini, pertama-tama ia mengubahnya menjadi sinyal radio yang akan segera diterjemahkan oleh router dalam tingkat yang sangat rendah. 

Itu diubah menjadi biner dan kemudian dikirim ke server. Informasi atau ‘kode biner’ ini sampai ke tujuan dan merespons jika diterima oleh pengirim hanya karena alamat IP. Satu router ini juga akan mengirimkan informasi ke router lain dan akan  terus berlanjut hingga kode biner mencapai tujuan. 

Sisi server

Server akan menerima kode biner dan menerjemahkannya serta mengirimkan respons dengan cara: 

  • HTTP/1.1 200 ok (di mana 200 ok adalah statusnya)
  • Tipe konten:tipe/HTML
  • Badan halaman

Ini diubah kembali menjadi biner oleh server dan dikirim ke alamat IP yang memintanya. Setelah kode diterima oleh klien, browser kembali menerjemahkan informasi tersebut dengan cara berikut:

  • Pertama, ia memeriksa statusnya
  • Itu mulai membaca dokumen dari tag HTML dan membangun struktur seperti Pohon.
  • Pohon HTML kemudian dikonversi ke kode biner yang sesuai dan ditampilkan di layar.
  • Pada akhirnya, kita melihat front-end situs web.

Protokol

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk komunikasi di web. Klien mengirimkan permintaan HTTP ke server, yang merespons dengan tanggapan HTTP. HTTPS (HTTP Secure) adalah versi aman HTTP yang mengenkripsi data yang ditransfer antara klien dan server.

Penggunaan Internet dan pemrograman Web

  • Komunikasi: Internet telah merevolusi komunikasi, memungkinkan orang terhubung satu sama lain melalui email, media sosial, konferensi video, dan pesan instan.
  • Berbagi informasi: Internet telah memungkinkan untuk mengakses sejumlah besar informasi dengan cepat dan mudah. Situs web seperti Wikipedia dan situs berita menyediakan informasi terkini tentang berbagai topik.
  • E-commerce: Internet telah memungkinkan bisnis untuk menjual produk dan layanan secara online, menciptakan peluang baru bagi pengusaha dan usaha kecil.
  • Pendidikan: Internet telah membuka peluang baru dalam pendidikan, memungkinkan orang untuk belajar online melalui MOOC, webinar, dan kursus online lainnya.
  • Hiburan: Internet mengubah cara kita mengonsumsi hiburan, dengan layanan streaming seperti Netflix dan YouTube yang menyediakan akses ke film, acara TV, dan konten lainnya.

Kerangka Pemrograman Web Populer

  • React: React adalah toolkit JavaScript yang memungkinkan pengembang merancang komponen UI yang dapat digunakan kembali.
  • Django: Django adalah kerangka kerja Python tingkat tinggi untuk membangun API backend dan mengelola basis data.
  • Ruby on Rails: Ruby on Rails adalah kerangka kerja populer untuk mengembangkan aplikasi web full-stack dengan cepat menggunakan bahasa pemrograman Ruby.
  • Angular: Angular adalah kerangka kerja untuk membuat aplikasi online yang kompleks, termasuk pengikatan data dua arah dan injeksi ketergantungan.
  • Laravel: Laravel adalah kerangka kerja PHP yang menyediakan sintaks elegan dan alat ramah pengembang untuk membuat aplikasi web yang skalabel.
  • Express.js: Express.js adalah kerangka kerja Node.js yang ringan untuk membuat aplikasi sisi server dengan fitur perutean dan middleware yang dapat disesuaikan.

Demikian ulasan tentang Mengenal Apa Itu Pemrograman Internet dan Web seperti yang dilansir slot dana, semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular