Sunday, July 7, 2024
No menu items!
No menu items!
HomeBusinessPenyebab dan Perbaikan Saat PC Anda Mengalami BSOD

Penyebab dan Perbaikan Saat PC Anda Mengalami BSOD

BSOD ini dulunya adalah blue screen yang dipenuhi teks putih yang tidak dapat sipahami. Windows 10 telah membuat hal ini tidak terlalu menakutkan, tetapi jantung Anda akan masih berdetak kencang setiap kali Anda menemukan hal ini. Segalanya menjadi lebih menakutkan ketika masalah tidak kunjung hilang setelah komputer Anda dihidupkan ulang. Apa yang salah? Lalu bagaimana cara memperbaikinya?

Boot Ke Safe Mode

Safe Mode adalah ini alat tingkat lanjut yang akan menonaktifkan banyak komponen tidak penting pada Windows Anda. Ini memungkinkan Anda mem-boot komputer Anda hanya dengan driver dan fitur yang paling penting. Jika komputer melakukan booting dalam Safe Mode, Anda mungkin tidak mengalami masalah perangkat keras. Tentu saja, Anda tidak bisa yakin seratus persen, tetapi kemungkinannya kecil.

Cara Mem-boot dengan Safe Mode Di Windows 10

Dimulai dengan Windows 8, Microsoft memutuskan untuk mengubah Safe Mode menjadi upaya rumit yang tidak perlu. Ini tidak menjadi lebih mudah di Windows 10. KIta berasumsi bahwa Anda tidak dapat masuk ke Windows secara normal. Maka Anda harus masuk ke Safe Mode dari layar kosong sebelum komputer mencoba memuat Windows dan memunculkan BSOD. Ikuti langkah ini untuk melakukannya:

  • Tekan dan tahan tombol Power selama 10 detik untuk mematikan komputer Anda sepenuhnya.
  • Nyalakan komputer.
  • Segera setelah Anda melihat layar POST (atau logo pabrikan jika Anda menggunakan laptop), tekan kembali tombol Power dan tahan selama 10 detik.
  • Nyalakan kembali komputer.
  • Nyalakan komputer dan biarkan masuk ke Windows.
  • Tahan tombol Power untuk ketiga kalinya lalu hidupkan kembali.
  • Sekarang, Anda akan disambut dengan blue screen yang dikenal sebagai winRE.
  • Navigasikan ke Troubleshooting > Advanced options > Startup Settings > Restart.
  • Setelah komputer Anda restart, pilih 5 untuk boot ke Safe Mode with Networking.

Perbaiki Windows Anda

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi yang hadir dengan beberapa utilitas yang akan membantu Anda untuk memperbaiki instalasi Anda jika rusak. Marilah kita pertimbangkan beberapa di antaranya:

Windows Startup Repair

Fitur ini mengklaim bisa “memperbaiki masalah yang akan membuat Windows tidak dapat memuat”. Ini memindai masalah umum di boot manager Windows dan pemuat kernel Windows Anda dan secara otomatis memperbaikinya. Inilah cara Anda memuat Startup Repair pada PC Windows yang Anda miliki:

  • Pilih Startup Repair.
  • Pilih administrator account.
  • Masukkan kata sandi Anda.
  • Tunggu hingga proses perbaikan selesai.
  • Hidupkan kembali komputer Anda.

Windows Recovery

Utilitas Windows Recovery adalah alat yang bekerja dengan cara membuat snapshot dari sistem yang dapat digunakan untuk memulihkan sistem ke keadaan sebelumnya. Restore point ini juga dibuat secara otomatis ketika telah terjadi peristiwa besar, seperti menginstal perangkat lunak baru atau membuat perubahan signifikan pada sistem ini. Selain itu, Anda juga bisa membuat restore point secara manual.

Muat winRE lagi dan pilih System Restore.

Jika Anda memiliki restore point yang sudah ada sebelum masalah dimulai, pilih titik tersebut dan selesaikan panduan pemulihan. Prosesnya mungkin memakan waktu beberapa menit.

Setelah selesai, mulai ulang komputer Anda dan lihat apakah masalahnya hilang. Namun, jika Anda tidak memiliki restore point yang sesuai, Anda tidak dapat menggunakan perbaikan ini untuk menyelesaikan masalah Anda.

Reset Windows Anda

Opsi ini adalah langkah sebelum menginstal ulang Windows 10. Ini memungkinkan Anda mengembalikan instance Windows ke pengaturan awal, yang pada dasarnya bertindak sebagai fitur reset pabrik. Anda akan kehilangan semua pengaturan dan data pada drive boot Anda. Tapi ini mungkin menyelamatkan Anda dari kerumitan instalasi yang bersih. Maka ikutilah petunjuk ini untuk mereset Windows 10 Anda:

  • Beralihlah ke Safe Mode.
  • Tekan Tombol Windows + I untuk memuat dasbor Settings .
  • Navigasikan ke Update and Security > Recovery.
  • Klik Start.
  • Pilih your preferences about saving files.
  • Pilih preferred installation method.
  • Klik Next untuk memulai.

Instal Ulang Windows Anda

Jika Anda sudah berhasil sejauh ini, tidak ada solusi dan perbaikan yang berhasil. Pilihan terakhir Anda adalah menginstal Windows dari awal. Meskipun membosankan, ini akan membersihkan semuanya, menghilangkan semua file yang rusak, pengaturan yang bertentangan, dan driver yang tidak berfungsi. Menginstal Windows 10 sangat mudah. Anda memerlukan flash drive yang dapat di-boot yang berisi file instalasi dan lisensi Microsoft. Langkah-langkahnya mudah untuk diikuti, namun prosesnya tidak mudah.

Jika Anda belum pernah melakukan hal ini pada sebelumnya, maka sebaiknya mintalah seorang teknisi yang sudah profesional melakukannya untuk Anda. Meskipun mungkin akan memerlukan sejumlah uang untuk melakukannya, ini akan menghemat waktu dan sakit kepala Anda. Selain itu, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan melakukan kesalahan apa pun yang dapat mengembalikan masalah tersebut ini. 

Saat mendiskusikan masalah ini dengan teknisi, beri tahulah perubahan yang Anda buat dan jelaskan kapan masalah dimulai. Informasi ini membantu mereka mengambil pendekatan yang tepat. Mereka bahkan mungkin juga dapat mengatasi masalah tersebut tanpa menginstal ulang sistem operasi Anda.

Demikian ulasan tentang Penyebab dan Perbaikan Saat PC Anda Mengalami BSOD seperti yang dilansir coloksgp, Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular