Thursday, July 4, 2024
HomeLifestyleApa Saja Penyebab VGA Laptop Rusak? Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Saja Penyebab VGA Laptop Rusak? Simak Penjelasan Lengkapnya

Dalam sebuah PC terdapat tiga komponen yang sangat penting yang harus anda ketahui yaitu processor, memory dan VGA. Ketiga komponen tersebut tentunya memiliki fungsi dan tugasnya masing-masing yang dapat menunjang komputer Anda bekerja secara maksimal. VGA sendiri mempunyai fungsi untuk menampilkan atau menghasilkan output yang bisa kita lihat di layar monitor.

Oleh karena itu peranan VGA bagi sebuah komputer bisa dikatakan sangat penting. Jadi jika terjadi kerusakan pada VGA tentu akan berdampak besar pada kinerja komputer anda. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Penyebab VGA Laptop Rusak.

Pengertian VGA

VGA atau singkatan dari Video Graphics Adapter merupakan perangkat keras komputer yang dikenal dengan sebutan kartu adaptor grafis, yang mempunyai fungsi untuk mengolah dan menghasilkan gambar yang ditampilkan pada layar monitor komputer atau laptop anda. 

Penyebab VGA Laptop Rusak

Overheat

Overheat merupakan salah satu penyebab rusaknya beberapa komponen pada laptop contohnya yaitu kerusakan VGA. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati jika menggunakan laptop terlalu lama, atau melakukan pekerjaan berat dan bermain game. Karena hal ini dapat membuat komputer atau laptop anda cepat panas atau overheat.

Kualitas VGA Buruk

Kualitas VGA yang buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab VGA anda rusak. Oleh karena itu, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kerusakan, Anda bisa memilih VGA yang berkualitas baik untuk komputer Anda.

Pemasangan VGA Yang Tidak Tepat

Jika anda memasang VGA, anda harus memperhatikannya dengan baik. Karena jika VGA yang dipasang salah maka hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada VGA.

Kerusakan Secara Fisik

Penyebab kerusakan VGA yang selanjutnya yaitu karena adanya kerusakan fisik pada bagian VGA. Contoh kerusakan fisik pada bagian VGA seperti kipas yang tidak dapat berputar, baut yang kendor, pemasangan yang tidak sesuai, serta tekanan yang berlebihan sehingga menyebabkan kerusakan pada VGA. 

Korsleting Listrik

Hubungan arus pendek juga bisa menjadi penyebab rusaknya VGA. Biasanya korsleting pada VGA disebabkan oleh beberapa faktor, seperti beberapa komponen meleleh karena panas, pemasangan yang tidak tepat, atau karena ada cairan yang masuk ke dalam VGA.

Overvoltage

Overvoltage atau bisa juga disebut dengan tegangan berlebih juga dapat menyebabkan kerusakan pada VGA. Ini biasanya terjadi saat melakukan overclock. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan ambang batas tegangan maksimum untuk menghindari tegangan berlebih.

Arus Listrik Tidak Stabil

Sama seperti beberapa faktor penyebab rusaknya komponen lainnya, VGA juga bisa rusak akibat arus listrik yang tidak stabil. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kestabilan pasokan listrik saat menggunakan komputer atau laptop, agar tidak menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen.

Adanya Debu Dan Kotoran Yang Menempel

Debu dan kotoran yang menumpuk dan menempel juga bisa menjadi penyebab rusaknya komponen komputer. Salah satunya adalah VGA. Oleh karena itu, yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan komputer atau laptop secara rutin agar terhindar dari debu dan kotoran yang menempel.

Kelalaian

Lalu penyebab terakhir kerusakan VGA bisa jadi karena kelalaian manusia. Misalnya menumpahkan cairan atau minuman saat casing laptop terbuka, atau melepas VGA saat komputer hidup, dan masih banyak lagi.

Ciri – Ciri VGA Laptop Rusak

Driver sering stopped working

Salah satu tanda awal VGA komputer Anda bermasalah adalah driver sering berhenti bekerja karena fungsi VGA sudah tidak berjalan normal.

Suara Kipas Menjadi Keras

Bunyi kipas yang terdengar sangat keras saat Anda menyalakan laptop atau komputer juga merupakan salah satu tanda adanya kerusakan pada bagian VGA.

Kinerja Melemah

Jika laptop anda sering crash atau hang saat digunakan menjalankan perintah tertentu, misalnya bermain game atau mengedit video. Jadi ini juga merupakan tanda adanya kerusakan pada bagian VGA. Tak hanya itu, biasanya performa komputer atau laptop mulai melemah juga karena drivernya yang crash.

No Display

Tidak adanya tampilan juga menjadi salah satu kemungkinan tanda VGA rusak. Namun Anda juga harus memastikannya terlebih dahulu, karena No Display juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya.

Muncul Artifacting Pada Tampilan Layar

Jika laptop atau komputer anda tiba-tiba muncul artifak atau warna aneh pada tampilan layar seperti pola melengkung, garis lurus, atau bahkan lingkaran yang tidak dapat dihilangkan meskipun komputer direstart, ini juga bisa menjadi tanda bahwa VGA mengalami kerusakan.

sering Terjadi Stuttering

Jika Anda sedang menonton film atau bermain game, dan gambar di layar komputer Anda menjadi pecah atau tersendat-sendat. Jadi ini juga tandanya ada masalah pada VGAnya. Kalaupun komputer sering tersendat, bisa saja VGA-nya rusak.

Black Screen Dan Blue Screen

Saat layar komputer anda tampak gelap atau layar hitam saat dihidupkan. Jadi ini juga tandanya ada kerusakan pada VGA. Selain itu, kerusakan VGA juga bisa ditandai dengan sistem yang mengalami crash, freeze, dan blue screen.

VGA Tidak Bisa Berfungsi

Ciri terakhir yang bisa Anda ketahui yaitu VGA tidak bisa berjalan sama sekali atau bisa dikatakan mati total. Oleh karena itu, jika terjadi masalah pada VGA, coba cari tahu beberapa kemungkinan penyebab dan cara mengatasinya. Selain itu anda juga harus mengetahui ciri-cirinya untuk mengetahui apakah masalahnya memang ada pada bagian VGA atau tidak.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang Apa Saja Penyebab VGA Laptop Rusak seperti yang dilansir situs slot online. Semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular