Friday, April 26, 2024
No menu items!
No menu items!
HomeLifestyleBeberapa Alat yang Digunakan untuk Industri Pengerjaan Logam

Beberapa Alat yang Digunakan untuk Industri Pengerjaan Logam

Industri fabrikasi telah mengembangkan berbagai teknik yang memungkinkan penemuan dan evolusi mesin dalam jumlah besar. Industri pengerjaan logam menggunakan berbagai alat mesin untuk membuat komponen dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

Jika Anda ingin memulai bisnis bengkel bubut atau manufaktur rumahan, mesin-mesin apa yang paling penting untuk diprioritaskan?

Berikut adalah beberapa mesin yang paling umum digunakan dalam industri pengerjaan logam:

Mesin Bubut

Mesin Bubut dapat disebut sebagai mesin teknik paling mendasar, bahkan sudah ada sejak sebelum ditemukannya tenaga bahan bakar dan listrik. Mesin bubut juga dikenal dengan nama mesin Lathe atau mesin Turning.

Mekanisme operasionalnya disebut dengan Turning, di mana mata pisau yang stasioner atau diam disatu titik digunakan untuk memutar benda kerja dan melakukan berbagai operasi permesinan serta pengupasan material.

Mesin bubut digunakan untuk memahat dan membuat bagian dan komponen dari berbagai bahan, termasuk logam, besi, plastik, kayu, dan logam non-besi.

Mesin bubut juga dapat digunakan untuk operasi lain seperti pemotongan, pengamplasan, knurling, penekuk, pengeboran, pembuatan ulir threading, penggerusan facing dan gerakan putar lainnya. Mesin bubut tersedia dalam berbagai ukuran dan dengan berbagai aksesoris.

Mesin Milling

Mesin Milling, atau Mesin Penggilingan, menggerakan mata pisau yang berputar untuk menghilangkan material yang tidak diinginkan dari benda kerja. Benda kerja dipegang erat pada ragum vise di meja kerja yang dapat dipindah, dan alat putar dibuat untuk bergerak secara vertikal.

Dua operasi utama yang dilakukan mesin penggilingan adalah penggilingan wajah dan penggilingan bahu atau periferal.

Mesin Gerinda

Mesin Gerinda adalah salah satu metalworking tools menggunakan roda abrasif yang berputar pada kecepatan yang relatif tinggi.

Roda yang berputar ini memberikan sentuhan akhir pada benda kerja dengan menghilangkan sejumlah kecil material di sepanjang permukaannya hingga menjadi halus saat disentuh.

Mesin Bor

Mesin Bor adalah mesin yang paling umum dan wajib digunakan, bahkan sering digunakan untuk pekerjaan perbaikan rumah. Mesin bor harganya lebih terjangkau, mudah dipasang dan diganti aksesoris serta mata bor. Mesin bor dapat digunakan untuk membuat lubang di berbagai bahan, termasuk logam, semen, dan beton.

Ada juga jenis mesin bor lainnya seperti Drill Press atau mesin tapping yang lebih handal dibandingkan bor genggam karena mereka memiliki stabilitas yang lebih baik dan memiliki meja kerja yang memungkinkan operasi pengeboran bisa dilakukan terus menerus dengan akurasi yang baik.

Mesin bor dengan meja landasan bermagnet dapat digunakan pada benda kerja logam besi dan material Ferrous lainnya. Mesin bor magnet juga dikenal dengan nama Annular Cutter, yang proses pemotongan dan pembentukan lubang dalam industri pengerjaan logam konstruksi dengan baja tipe T, H dan U.

Terdapat juga mesin bor serba guna yang dapat melakukan beberapa operasi spesifik pada produk tertentu dan digunakan untuk meningkatkan tingkat produksi.

Mesin Shaper/Pahat

Mesin Shaper menggunakan alat pemotong titik tunggal yang bergerak secara linier untuk melakukan operasi pemotongan pada benda kerja. Mesin Shaper bergerak secara lambat dan perlahan, namun memiliki mekanisme sederhana yang mudah dioperasikan. Mesin Pahat Shaper masih sangat umum dalam produksi industri kecil untuk membuat gardan Involute Gear Cutting maupun V, U atau T-slot.

Mesin Shaper telah digantikan oleh peralatan mesin lain, terutama jenis mesin CNC, dalam praktik industri besar. Mesin penggilingan dan mesin broaching adalah contoh mesin pengganti dari mesin Shaper. Mesin Shaper tetap menjadi pilihan yang populer karena minim perawatan, sederhana, dan kuat dalam konstruksi. Mesin Shaper cocok untuk produksi satu atau beberapa potong komponen yang ukurannya besar, karena mesin alternatif yang lebih modern operasionalnya mahal. Mesin Shaper juga memiliki daya tarik retro yang cukup besar bagi banyak masinis hobiis.

Mesin Broaching

Mesin Broaching adalah mesin teknik dengan cara penggunaan paling sederhana dari semua peralatan mesin teknik. Mesin Broaching terdiri dari pisau alat broaching, perlengkapan penahan kerja, mekanisme penggerak, dan kerangka pendukung yang sesuai. Meskipun bagian-bagian komponennya sedikit, beberapa variasi dalam desain mesin Broaching dimungkinkan.

Ada dua jenis utama mesin Broaching: horizontal dan vertikal. Mesin Broaching menggunakan pisau alat bergigi atau bros untuk menghilangkan material dari benda kerja. Cara kerjanya mirip seperti mesin gergaji jig saw, namun pisaunya memotong dengan bantuan pelumas. Ada dua jenis proses Broaching – tipe linier dan putar.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular