Tuesday, May 21, 2024
HomeUncategorizedCara Menyembuhkan Penyakit Insomnia

Cara Menyembuhkan Penyakit Insomnia

Cara Menyembuhkan Penyakit Insomnia Tergantung pada situasi Anda, diagnosis insomnia dan pencarian penyebabnya mungkin termasuk:

  • Pemeriksaan fisikJika penyebab insomnia tidak diketahui, dokter Anda mungkin melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda masalah medis yang mungkin terkait dengan insomnia. Kadang-kadang, tes darah dapat dilakukan untuk memeriksa masalah tiroid atau kondisi lain yang mungkin terkait dengan kurang tidur.
  • Ulasan kebiasaan tidur.  Selain menanyakan pertanyaan terkait tidur, dokter mungkin meminta Anda mengisi kuesionermenentukan pola tidur-bangun dan tingkat kantuk di siang hari. Anda mungkin juga diminta untuk membuat buku harian tidur selama beberapa minggu.

  • Studi tidur. Jika penyebab insomnia Anda tidak jelas, atau Anda memiliki tanda-tanda gangguan tidur lain, seperti sleep apnea atau sindrom kaki gelisah, Anda mungkin perlu bermalam di pusat tidur. Tes dilakukan untuk memantau dan merekam berbagai aktivitas tubuh saat Anda tidur, termasuk gelombang otak, pernapasan, detak jantung, gerakan mata, dan gerakan tubuh.

Perlakuan

Changing your sleep habits and addressing any issues that may be associated with insomnia, such as stress, medical conditions or medications, can restore restful sleep for many people. If these measures don’t work, your doctor may recommend cognitive behavioral therapy, medications or both, to help improve relaxation and sleep.

Terapi perilaku kognitif untuk insomnia

Terapi perilaku kognitif untuk insomnia (CBT-I) dapat membantu Anda mengontrol atau menghilangkan pikiran dan tindakan negatif yang membuat Anda tetap terjaga dan umumnya direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk penderita insomnia. Biasanya, CBT-I sama atau lebih efektif daripada obat tidur.

Bagian kognitif dari CBT-I mengajarkan Anda untuk mengenali dan mengubah keyakinan yang memengaruhi kemampuan Anda untuk tidur. Ini dapat membantu Anda mengendalikan atau menghilangkan pikiran negatif dan kekhawatiran yang membuat Anda tetap terjaga. Ini mungkin juga melibatkan menghilangkan siklus yang dapat berkembang di mana Anda sangat khawatir tentang tidur sehingga Anda tidak bisa tertidur.

Bagian perilaku dari CBT-I membantu Anda mengembangkan kebiasaan tidur yang baik dan menghindari perilaku yang membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak. Strategi termasuk, misalnya:

Terapi kontrol stimulus
Teknik relaksasi
Pembatasan tidur
Tetap terjaga secara pasif
Terapi cahaya

Dokter Anda mungkin merekomendasikan strategi lain yang berkaitan dengan gaya hidup dan lingkungan tidur Anda untuk membantu Anda mengembangkan kebiasaan yang mendorong tidur nyenyak dan kewaspadaan siang hari.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular