Friday, May 17, 2024
HomeUncategorizedKorean Wave Di Indonesia Sangat Luar Biasa Di Indonesia

Korean Wave Di Indonesia Sangat Luar Biasa Di Indonesia

Korean Wave Di Indonesia Sangat Luar Biasa Di Indonesia

Korean Wave Di Indonesia – Ada beberapa Budaya dari negeri Korea yang berkembang pesat dan meluas secara global dalam dua dekade terakhir. Keberadaannya memang sangat diterima publik dari berbagai kalangan sehingga bisa menghasilkan suatu fenomena “Korean Wave” atau disebut juga Hallyu. Fenomena ini dapat dijumpai di Indonesia dan dampaknya sangat terasa di kehidupan sehari-hari terutama pada generasi milenial.

Apalagi karena perkembangan teknologi informasi yang masif akibat adanya sebuah perubahan globalisasi menjadi faktor utama penyebab besarnya antusisme publik di Indonesia. Korean Wave sendiri diawali dan sangat identik dengan dunia hiburan seperti musik, drama, dan style yang dikemas secara apik menyajikan budaya-budaya Korea hingga gaya. Sering berjalannya waktu, budaya Korea banyak diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk para pecinta budaya Korea, mulai dari fashion, make up, korean skincare, makanan, gaya bicara, hingga bahasa.

Korean Wave Di Indonesia Pakai Uang Asli

Salah satu produk Korean Wave yang sangat diminati semua kaum milenial adalah musik pop dan juga style nya. Yang mana musik pop Korea ini atau yang sering disebut sebagai K-pop merupakan salah satu sub-sektor hiburan terbesar yang mengangkat perekonomian Korea Selatan. Pemerintah dari Korea Selatan sendiri memang sudah lama memberikan banyak perhatian khusus terhadap industri musik mereka. Akhir dekade 1990-an, ketika sebagian besar Asia mengalami krisis keuangan, Korea Selatan justru membentuk Kementerian Kebudayaan dengan departemen khusus K-pop (Putri, 2019).

Indonesia sendiri memang dikenal memiliki fanbase yang besar dan loyal dalam dunia K-pop. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai ‘pasar’ yang sangat potensial untuk perekonomian Korea Selatan dengan adanya Korean Wave. Terkadang, menjadi pecinta K-popers bukanlah sesuatu yang murah. Kpopers perlu mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti gaya dan juga style para artis k-pop.

Selain itu, mengunjungi Korea Selatan style adalah kesukaan bagi para K-popers di mana hal ini tentu berdampak besar bagi sektor pariwisata Korea Selatan. Sehingga sejak dibangunnya hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Korea Selatan pada 1973, Korea Selatan menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah investasi terbesar dan tersebar luas di berbagai macam proyek di Indonesia (Bhaskara, 2019).

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular